Furand Decor

Kumpulan Info Terbaru dan Bermanfaat

General

Yuk Pelajari Komponen yang Ada Pada Speaker Aktif Terbaik

Yuk Pelajari Komponen yang Ada Pada Speaker Aktif Terbaik

Speaker aktif memiliki bagian penting yang bekerja sama untuk mengeluarkan suara yang out of the box. Bagian-bagian ini saling berhubungan dan jika salah satu bagian ini rusak, kinerja bagian lainnya akan berpengaruh. Pahami bagian-bagian atau komponen dari speaker aktif terbaik ini sehingga Anda dapat dengan cepat mengidentifikasi kerusakan

Komponen Pembentuk Speaker aktif

Tone Control

Peran speaker adalah untuk mengatur respon frekuensi sinyal audio untuk menghasilkan bass atau nada nada rendah dan treble atau nada nada tinggi. Anda dapat menyesuaikan intensitas bass atau treble dengan kontrol nada. Output yang dihasilkan masih tegangan rendah dan perlu dikuatkan dengan power amplifier untuk menggerakkan driver speaker aktif.

Pre Amp

Komponen berikutnya yang bisa ditemukan yaitu pre amp. Preamp atau yang dikenal juga sebagai selektor ini adalah sumber audio dari mikrofon, pemutar DVD atau perangkat lain, dan akan dilanjutkan ke bagian berikutnya. Di sini, sinyal input atau level garis diproses dan diperkuat dengan sensitivitas yang berbeda sehingga dapat dialihkan ke bagian kontrol nada.

Konektor preamp ini menggunakan kabel RCA atau jack dengan ukuran 3.5mm. Namun, karena adanya proses perkembangan teknologi, saat ini anda bisa mengganti kabel jack dengan menggunakan USB. Beberapa model jenis speaker aktif terbaik biasanya memiliki preamplifier yang outputnya dapat dihubungkan ke subwoofer atau amplifier aktif

Power Amplifier

Komponen yang tidak kalah penting yaitu Power amplifier yang diartikan sebagai bagian terakhir untuk memperkuat sinyal dari sumber audio. Tingkat daya penguat daya dinyatakan dalam watt dan nilai yang tepat dinyatakan dalam RMS. Semua jenis power amplifier pastinya memiliki nilai distorsi yang digambarkan dalam % THD atau Total Harmonic Distortion.

Loudspeaker

Komponen speaker aktif terbaik ini dapat mengubah getaran listrik yang kemudian menjadi getaran suara dalam dunia elektronika. Speaker terdiri dari kumpulan magnet, gulungan atau kumparan, kertas membran dan juga rangkaian bingkai logam. Loudspeaker dibagi menjadi beberapa jenis untuk menyimpan frekuensi yang dihasilkannya berupa midrange, woofer, dan tweeter.

Catu Daya

Catu daya ini merupakan suatu komponen yang digunakan untuk dapat menyalakan speaker. Alat satu ini dilengkapi dengan penyearah, transformator dan juga kapasitor. Transformator atau yang disebut trafo biasanya digunakan untuk mengubah suatu tegangan AC dari PLN ke tekanan yang lebih rendah yang disesuaikan dengan kebutuhan speaker

Selanjutnya, tegangan yang telah direndahkan akan diubah menjadi sebuah tekanan DC oleh kapasitor. Kapasitor kemudian meratakan atau menghaluskan tegangan sehingga pemberian tegangan pada speaker aktif terbaik agar tidak membuat atau menimbulkan dampak distorsi suara. Kapasitor ini juga bertindak sebagai penyangga untuk jangka waktu tertentu.

5 komponen tersebut perlu dipahami untuk bisa melakukan setting speaker dengan baik saat sedang mengadakan sebuah event atau acara. Speaker ini sangat bermanfaat jika anda memahami bagaimana cara mengoperasikannya. Untuk bisa mendapatkan kualitas speaker yang terbaik, anda bisa mengunjungi situs web BLIAUDIO yang berpengalaman di bidangnya.

Share this post

About the author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.